jump to navigation

Jalan-jalan ke Universal Studios Singapore Februari 11, 2011

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
trackback

 

Januari lalu, saya & keluarga jalan-jalan ke Universal Studios Singapore di Sentosa Island, Singapura. Universal Studios Singapore yang baru dibuka sekitar setahun ini, merupakan  Universal Studio satu2-nya di Asia Tenggara & yang ke 2 di Asia setelah Jepang.

Berhubung theme park ini masih tergolong baru, & biasanya tempat wisata baru begini suka menyedot banyak pengunjung, kami sengaja menghindari high season. Supaya nyaman & lebih murah, kami  memilih weekday. Harga tiket masuk untuk weekday, dewasa S$66, anak-anak S$48.

Universal Studios Singapore berada di kawasan wisata Sentosa Island, tepatnya di Resort World Sentosa. Transportasi ke sini gampang banget. Banyak pilihan kendaraan untuk ke sini.

Saya waktu itu naik MRT dari dari Dhoby Ghaut St. Ambil jalur ungu, turun di Harbour Front St. Dari sini, ikuti saja petunjuk arah ke Sentosa Station yang ada di Lt.3 Vivo City. Enaknya dari MRT St langsung ada link ke Sentosa Station, cuma jalan dikit kok. Dari Sentosa Station kita naik Sentosa Express, semacem monorail. Tiketnya SGD$3 termasuk Sentosa admission. Kita turun di WaterFront station, stasiun pemberhentian pertama. Dari sini tinggal jalan kaki, ikuti saja petunjuk arah ke Universal Studios.

Hari itu cuaca cukup bersahabat, agak mendung jadi cukup sejuk & nyaman untuk jalan2. Setelah tiket kita yang ada barcodenya dicek, jangan lupa langsung ke Guest Service di sebelah kiri pintu masuk untuk mengambil meal voucher & souvenir voucher masing2 S$5 per orang. Berhubung hari itu agak mendung, kami sudah siap dengan payung untuk jaga2 kalau tiba2 hujan. Oh iya, Universal Studios Singapore buka dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam.

Tujuan pertama kita adalah Madagascar zone. Sayang river boat ride-nya masih coming soon. Sementara main carousel, anak saya nggak suka. Ya udah, akhirnya kita foto aja bareng keluarga Madagascar.

Dari sini, kita ke Far Far Away. Pengen nyoba Enchanted Airways junior roller coaster.  Saya sebenernya paling takut naik roller coaster. Tapi berhubung judulnya aja junior & yang ngantri juga banyak anak kecil, saya yakin ini pasti gak ada apa2-nya.  Nggak tahunya…. Pas udah jalan, wadawww… lumayan serem juga. Akhirnya saya cuma tutup mata sambil ketakutan. Haha…. Alhamdulillah, jalannya cuma dikit, jadi nggak kelamaan tersiksa.

Abis dari sini, kita ke Shrek 4D Adventure. Ini adalah bioskop 4D yang memutar film Shrek menyelamatkan Princess Fiona. Jalur antriannya dibuat panjang, mungkin kalau lagi penuh2nya antriannya cukup panjang ya. Tapi kali ini antriannya dikit, kita bisa langsung masuk ke ruang tunggu. Rada mbosenin sih di sini, untung gak berapa lama studio-nya dibuka. Ternyata gedungnya gede… Bebas deh mau pilih duduk di mana. Lumayan seru… musti dicoba deh!

Keluar dari sini langsung nyambung ke Fairy Godmother’s Potion Shop toko merchandise. Wah, kalau gampang tergoda, voucher S$5 gak ada apa2nya, pasti ludes & nombok banyak. Barangnya bagus2 dan harganya ngerusak kantong. ;)

Perjalanan kita lanjutkan ke Jurassic Park.  Ada beberapa permainan di sini, tapi kebanyakan anak saya nggak suka.  Ada beberapa permainan yang membuat kita basah, jadi dicek dulu sebelum main. Sebaiknya sih udah persiapan bawa baju ganti kalau mau nyoba yang basah-basah.

Kalau seneng main roller coaster, di sini emang surganya. Segala bentuk jungkir balik gak keruan ada. Tapi berhubung saya paling takut main beginian, jadi saya nggak ada keinginan sedikitpun untuk nyoba.

Salah satu atraksi yang disukai anak saya adalah Treasure Hunters di Ancient Egypt. Anak-anak bisa nyetir sendiri jeep padang pasir. Beginilah kalau bawa anak kecil, musti ngalah. Padahal sih cuma begitu aja. Buat orang dewasa mungkin ngebosenin. Tapi buat anak2 menyenangkan. Kalau anak happy, orang tua mustinya happy juga ya… Buat yang suka tantangan, boleh tuh nyoba roller coaster indoor Revenge of the Mummy. Tapi kalau saya, dibayar juga nggak mau. Haha…

Mulai hujan gerimis, kita putuskan untuk makan siang. Sempet bingung mau makan apa. Di sini ada beberapa resto halal, gampang kok nyarinya. Di peta juga ditandain mana yang halal. Kalau enggak, tinggal lihat aja label halal yang biasanya dipasang di depan resto. Kita waktu itu memutuskan untuk makan siang di Mel’s Drive-in. Pas kita datang belum begitu ramai. Masih bebas milih tempat makan. Menu di sini bangsanya burger, fries, sandwich. Harganya gak terlalu mahal, berhubung sudah punya voucher S$5, lumayanlah cukup bayar S$4-5 lagi sudah kenyang banget. Rupanya resto ini cukup favorit, mungkin harganya termasuk paling murah di sini. Karena gak berapa lama kami makan, tempat ini udah full house. Orang sampai antri2 nyari tempat makan.

Hujan gerimis belum juga berhenti. Rencananya kami pengen ke Lights, Camera, Action : Hosted By Steven Spielberg. Sayang pertunjukan baru mulai sejam lagi. Petugas di sini cukup ramah memberi informasi, dia nunjukin saya beberapa show lain yang bisa saya tonton. Pas lagi nimbang2 mau ke mana, eh ada antrian foto bareng Charlie Chaplin. Ikutan ah… Si Charlie cukup interaktif & pantomimnya keren… Selalu bikin ketawa!

Di depan Palace World Premiere rupanya mau ada street performance. Semacam pertunjukan tari apa ya… hip-hop gitulah gaya Amerika. Cukup menghibur & interaktif banget ama penonton.

Di semua zone di Universal Studio, bertebaran tempat shopping yang menyediakan berbagai merchandise. Barang-barangnya dipajang dengan cukup menarik &  souvenirnya emang keren-keren. Kalau mau cuci mata bolehlah. Tapi sebaiknya bijaksanalah dalam berbelanja, kalau cuma nurutin keinginan sih bisa jebol kantong.

 

Akhirnya jadi juga kami nonton show Lights, Camera, Action! Berhubung kami berdiri di tempat paling bawah, kami diberitahu bahwa mungkin kami bakal agak sedikit basah. Waduh…. Padahal dari tadi kami nggak mau basah! Pertunjukannya seru banget! Tapi ada anak kecil yang ketakutan ampe’ nangis. Mungkin perlu dipertimbangkan kalau bawa anak kecil, ya. Di dalam studio, kita bisa lihat special effect yang biasanya ada di movie. Ceritanya kita lagi ada di boathouse, terus tiba-tiba ada angin, badai, petir, sampai jendela2 pecah, terus ada kebakaran – kayaknya pakai api beneran, dan yang terakhir akan muncul kapal besar mendekati kita. Seru! Sayang bentar banget. Dan ternyata kita nggak basah, kok. Mustinya sih lamaan dikit, pasti lebih seru.

Pas mau pulang, kita sempet foto-foto bareng ama Woody Woodpecker. Seneng banget deh bisa main ke sini. Mungkin kalau permainannya udah komplit, bakalan lebih seru!

Tips :

-       Lebih baik beli tiket online, supaya pasti dapat tiket & gak perlu ngantri beli tiket masuk.

-       Pakai sepatu/sandal yang nyaman karena di sini banyak jalan kaki.

-       Pakai baju yang nyaman karena cuaca di sini hampir sama dengan Jakarta.

-       Hindari high season supaya bisa lebih santai jalan-jalan.

-       Kalau mau sedikit ngirit, pilih weekday karena harga tiket lebih murah.

-       Bawa botol minum sendiri, kalau abis bisa diisi ulang gratis air putih.

-       Sedia payung sebelum hujan. Kalau enggak, di sini dijual disposable rain coat. But, let’s save the earth. Kita kan musti ngurangin sampah… Bawa payung lipet aja, nggak berat kan.

-       Di sini ada beberapa restoran yang menyediakan menu halal, jadi nggak usah kuwatir kelaparan. Jangan lupa cek dulu label halalnya.

-       Sebaiknya ambil jam makan sedikit sebelum waktunya untuk menghindari antrian & bisa leluasa dapet tempat makan.

-       Di Singapore, rata-rata toiletnya bersih. Sayang jarang yang ada selang airnya. Nah, di Universal Studio, toiletnya ada selang airnya. Tenang deh, kalau ke toilet kita bisa lebih bersih.

Komentar»

1. Dian - Maret 11, 2011

rencana mau kesana maret 2011, thx u banget dapet banyak info disini :)

amidawibowo - Maret 12, 2011

Smoga infonya berguna. Met jalan-jalan.

2. Yadi - Maret 28, 2011

Boleh tahu nggak waktu itu beli tiker dimana?
Kalo beli langsung di hari biasa gampang nggak?
thanks ya.

amidawibowo - Maret 28, 2011

Waktu itu beli tiket online. Kalau pas nggak high season, hari biasa mungkin gampang dapet tiket.

3. yuli - April 1, 2011

Mau nanya, brgkalai ada reff penginapan yg harganya miring. Perlu brp hari utk jalan2 kesana?
Brgkt jum’at, plg minggu ….cukup & ramai gak ya..?
tks before

amidawibowo - April 1, 2011

Penginapan bisa dicoba cari di agoda.com atau wego.com. Kalau saya waktu itu nginep di YWCA Fort Canning Lodge, lokasinya cukup strategis deket banget ke Dhoby Ghaut MRT St. Ke orchard road juga deket. Hotelnya ngadep Fort Canning Park, jadi cukup tenang. Saya beli voucher hotel via Panen Tour. Kebetulan harga dari dia cukup bagus.
Kayaknya sih cukup2 aja ya, kalau untuk maen ke Sentosa & shopping. Tapi kalau weekend Spore kayaknya gak pernah sepi.

4. dewi - April 15, 2011

mbak beli tiketnya via online di situs apa ya? karena banyak situs onlineya. trims

amidawibowo - April 16, 2011

Belinya langsung ke website-nya universal studios, di http://www.rwsentosa.com/Attractions/UniversalStudiosSingapore

5. Yeremia - April 26, 2011

Mau nanya, ada beberapa atraksi yg waktu pertunjukannya ngak di kasih tau? bisa share? contohnya water world jam 1 & jam 4

6. wika - Mei 20, 2011

halo mba kalau beli tiketnya via online, apakah saat prin out tiketnya harus menggunakan printer khusus? mohon infonya mba

amidawibowo - Mei 22, 2011

Pakai printer apa aja kok, gak masalah.

7. mar - Juli 29, 2011

Perjalanan dari Dhoby Gahut Stasiun sampai ke USS berapa lama?

Terima kasih.

amidawibowo - Juli 30, 2011

Dhoby Ghaut ke Vivo City sekitar 10 menit. Abis itu nyebrang naik monorail dari Stasiun Vivo city ke USS bentar banget gak sampai 5 menit.

8. Emma - Oktober 17, 2011

Komen saya telat :D
Mau Tanya……masih inget gak Mbak….harga merchandise kayak kaos anak2 gitu….harga nya dari brapa sampai brapa…

Makasih info nya :)

amidawibowo - Oktober 17, 2011

Waktu itu saya beli kaos buat anak saya (umur 9 tahunan) 19.9 SGD. Kalau bangsanya sticker, key chain, pen, refrigerator magnet, lebih murah sekita 3-10 SGD.
Tapi tetep ya, harga di situ emang premium… ;)

9. refi - Februari 13, 2014

mba mw nanya utk e-ticketnya yg qta dpt itu ditukernya di loket masuk atau pas di pintu masuknya ya?

10. amidawibowo - Februari 16, 2014

Dengan e-ticket yg sudah ada barcode-nya, gak perlu dituker lagi, langsung aja ke pintu masuk nanti dicek di situ. Dulu itu kita dapet meal voucher & souvenir voucher masing2 S$5, tinggal ke guest service letaknya setelah pintu masuk, sebelah kiri. Tunjukin e-ticket, nanti kita diberi meal & souvenir voucher.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: