jump to navigation

Vacation to Singapore – Day 4 Juli 4, 2007

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
Tags:
trackback

Hari ini kita mau jalan2 ke Singapore zoo. Alhamdulillah, Daffa bisa bangun pagi. Kali ini kita perginya dengan taksi. Ngikutin saran yang saya dapet dari blognya Pak Indra & info dari travel with your kids. Soalnya kalau musti naik MRT, musti ganti bis dan jalannya lumayan. Ditambah lagi, dari city butuh waktu sekitar sejam. Kasihan anak & Ibu saya nanti terlalu capek.

Perjalanan dengan taksi ke zoo butuh waktu gak sampai ½ jam. Kita ke zoo lewat express way. Yang bikin kagum, kok ya masih banyak hutan sepanjang jalan ke zoo. Sementara hutan kita pada gundul kayunya dibawa ke sini. Kadang saya pikir, kita ini sudah diberi zamrud khatulistiwa sama Allah, hutan yang luaaaasss… banget, tapi kok nggak bisa memanfaatkan dengan baik. Sedih kalau liat hutan kita udah pada botak. Di pulau Jawa aja, susah nyari hutan. Sampai saya bingung kalau anak saya nanyain pengen lihat hutan. Hutan udah tinggal dikit…

Balik ke perjalanan ke zoo. Duh, pagi ini apes bener. Dapet taksi yg parah banget. Mobil kok endut2-an. Udah gitu sopirnya bawa mobilnya ngaco banget. Kasihan Yangti mabuk deh jadinya. Akhirnya muntah begitu sampai di zoo. Kita minta brenti aja di parkiran. Untungnya ke gate-nya zoo udah deket. Gini deh, biar di Singapore ada aja taksi ngeselin begini.

Sampai di zoo masih pagi. Udaranya enak banget, sejuk…Tiket masu ke zoo SGD15 dewasa, SGD7.5 anak2. Ternyata hari ini tram-nya suspended. Yah… terpaksa deh jalan kaki… (dasar pemalas ya.). Katenye sih, Singapore zoo adalah salah satu zoo terbaik di dunia. Makanya saya penasaran pengen tahu kayak apa sih zoo-nya? Bagusan mana ama Ragunan atau bonbin Wonokromo?

Begitu masuk, kita ngelewatin jembatan kayu yang kanan kirinya pohon2 kayak hutan & rupanya ada primata bergelantungan. Lha kok siamang ada di sini. Ngelewatin jembatan, eh… ketemu ama orangutan. Morning feeding rupanya. Sudah ada sekeranjang buah buat orangutan. Gak liat yang lagi makan pisang. Padahal kalau di sini, orang selalu bilang kalau pisang identik dengan monyet. Padahal makanan monyet gak selalu pisang. Orangutan sukanya macem2 buah2an.

Terus terang salut ama zoo di sini. Environment untuk binatang dibuat mirip ama habitatnya. Sebagian besar binatang nggak dipagerin, tapi dipisah dengan parit, jadi kita tetep bisa liat dari deket. Kalaupun ada, pagernya ditutupin pake’ taneman. Beberapa binatang juga ada di balik kaca, tapi area-nya dibuat dengan natural setting. Bagus banget, jadinya zoo-nya nggak seperti penjara buat binatang.

Jam 10.30 pagi ini adalah jadwal animal show Wonder of the Wild Show di Show Foundation Amphitheatre. Anak saya udah nggak sabar aja pengen liat pertunjukannya. Setting arena pertunjukan dibuat seperti di alam bebas. Rupanya masih banyak bangku kosong. Tapi kali ini nggak mau ah duduk paling depan. Soalnya, bangku depan musti siap2 untuk basah.

Show kali ini dibuka dengan tarian orang Dayak dari Kalimantan! Jangan berharap animal show di sini kayak pertunjukan sirkus. Tapi menurut saya justru di sini kelebihannya. Binatang yang berpartisipasi dalam show kali ini, ular, monyet, otter, & yang paling seru singa laut. Seperti di Jurong Bird Park, selalu ada message supaya kita berpihak pada lingkungan. Kayak otter yang bisa bedain ke mana harus buang sampah. Waktu pertunjukan ular atau monyet, jangan harap kayak topeng monyet di sini. Pertunjukannya ‘cuma’ nunjukin gimana monyet bisa nyelem ke dalam air. Atau ular yang bisa berenang. Yang seru waktu singa laut masuk ke arena. Waduh, luar biasa ya… berenangnya cepet banget, dan cipratan airnya lumayan lho, penonton di baris 1-3 pada basah semua. Haha… Seru…

Animal show berikutnya adalah elephants at work and play show di Elephants of Asia. Di sini, penonton di bangku terdepan juga musti siap2 basah disembur ama gajah. Setting arena pertunjukannya juga dibuat seperti di alam. Bagus banget. Bangku penonton & area pertunjukan dipisah dengan parit. Makanya, gajahnya biasanya nyebur ke parit kalau mau nyemprot penonton. Di animal show ini, kita bisa liat berbagai keahlian gajah kayak ngangkut & mindahin balok2 kayu, & gimana gajah juga bisa bercanda dengan manusia, etc.

Sebelum datang ke sini, saya berpikir bahwa bonbin di sini pasti panas. Jadi udah siap topi, payung. Ternyata di sini banyak pohon… jadi serasa di pinggir hutan. Kalaupun capek kepanasan, ada ruang istirahat yang full ac, ada televisinya juga, malahan bisa tidur kalau mau. Satu hal lagi yang bikin kagum, bonbin kok bisa bersih begini. Sampai toiletpun juga bersih.

Berhubung udah siang & Daffa udah mulai kelaperan, akhirnya kita putuskan untuk makan siang. Di sini ada KFC yang udah dapet sertifikasi halal. Kita makan siang di deket Children’s Play land. Lumayan capek juga jalan kaki. Tapi herannya, anak2 itu kok gak pada capek ya… Biarpun harus jalan kaki tetep ceria terus.

Selesai makan siang dan dapet energi baru, kita jalan lagi, mampir bentar ke Orchid garden yang bunga2nya berwarna-warni indah banget. Ngelewatin tropical crops plantation, liat taneman nanas, ini pertama kalinya anak saya liat taneman ini. Trus liat jerapah, lion, zebra, rhino, polar bear, guanaco, wolf, & keluar zoo ngelewatin jembatan lagi sambil ngeliat greater mousedeer – kalau di kita kalau gak salah kancil. Sebelum keluar zoo, kita mampir bentar ke gift shop. Ternyata souvernirnya mahal2. Jadi liat2 aja deh… hehe…

Keliling zoo lumayan capek juga. Kalau tram-nya jalan, sebenernya lebih enak, apalagi buat pemalas kayak saya gini. Hehe… Tapi buat saya, zoo di sini menarik. Asyik. Anak2 bisa sekaligus belajar. Rasanya gak cuma anak2 yang seneng dateng ke sini, orang dewasa seperti saya juga seneng. Bahkan neneknya Daffa juga happy. Zoo di sini sebenernya gak ada apa2nya dari segi luasnya dibandingin Ragunan. Zoo di sini cuman 28 hektar, sementara Ragunan 135 hektar (info dari http://www.jakarta.go.id)! Sebetulnya dipikir2 Ragunan lebih berpotensi lho, mana Indonesia itu gudangnya berbagai jenis satwa. Tapi kalau liat Ragunan, sedih ya bo… Sesedih binatang yang ada di dalamnya.

Pulang dari zoo kita naik taksi lagi. Rupanya di taxi stand, antrian udah panjang. Tapi sabar aja… ada kursi buat nunggu kok. Deket gerbang zoo sebenernya ada halte bis juga, cuma kok sepi & bisnya gak nongol2. Naik taksi ke hotel gak sampai ½ jam, ongkosnya sekitar SGD16. Sampai di hotel belum jam 3 sore waktu Spore, kita banyak waktu istirahat…Sore ini saya & suami berencana mau ke Bras Basah & IKEA Alexandra lagi!

Bras Basah ini tempatnya buku2 murah. Selain gudangnya used books ada juga toko buku yang jual buku2 baru. Dari hotel, kita jalan kaki sepanjang North Brige Rd, ngelewatin Chijmes, jalan terus sampai ketemu Raffles Hotel, dan sampai deh di Bras Basah. Deket banget. Toko buku yang besar dan paling bagus di sini adalah Popular. Toko2 lain kebanyakan kecil2 & banyak banget yang jual buku bekas. Selain itu juga banyak yg jualan alat gambar & lukis. Buat yang seneng nglukis, wah… di sini gudangnya. Setelah muter2, akhirnya ketemu toko buku anak2 yang lagi sale semua bukunya. Sayang pas sampai di situ, tokonya tutup. Akhirnya kita putuskan untuk balik lagi besok.

Perjalanan kita berlanjut ke IKEA Alexandra. Suami saya masih pengen ke sana. Kita naik bis lagi dari depan Bras Basah Complex. Bis di sini sebenernya gak istimewa, mungkin masih bagusan Trans Jakarta interiornya. Tapi bisnya bersih, kerawat, & rutenya teratur banget. Suami saya emang seneng blanja, & seneng ndandanin rumah. Hobby-nya masih sejalan dengan saya. Jadi happy aja jalan2 lagi di IKEA. Akhirnya dapet lagi deh barang2 yg unik & murmer. Belajar dari pengalaman, kali ini kita cepet2 ngantri taxi. Yach… lumayan juga lama nunggu taksinya. Sampai hotel… capek deh… tidur…