jump to navigation

Jalan-Jalan Ke Taman Safari Prigen Januari 21, 2008

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
Tags:
trackback

taman-safari-title1

Libur lebaran yang lalu, seperti biasa kita mudik ke Surabaya. Berhubung liburan kali ini agak panjang, jadi kita sempet jalan-jalan ke beberapa tempat. Salah satunya ke Taman Safari Prigen. Sebetulnya ini bukan pertama kali kita ke sana. Cuma, Daffa rupanya sudah lupa karena waktu pertama kali ke sana dia masih kecil.

Sebetulnya waktu mau berangkat, kita agak khawatir bakal kena macet panjang. Maklum, gara2 lumpur lapindo, jalur tol ke arah Gempol putus. Makanya kita udah wanti2 ke anak2 supaya semua bangun pagi2 biar gak kena macet di jalan. Dari Surabaya, kita langsung masuk tol ke arah Malang/Gempol, dan keluar di gate Porong karena tol emang putus di sini. Begitu keluar pintu tol, langsung tercium aroma aneh, seperti bau belerang tapi campur ama bau apa ya… kayak bahan kimia gitu. Padahal mobil ketutup, tapi baunya tetep kecium. Rupanya ini toh pemandangan tanggul setinggi… mungkin ada 10 meter kali ya… yg nutupin danau lumpur lapindo. Tepat di depan tanggul rupanya jalur kereta api. Setelah itu baru jalur jalan raya ke arah Malang. Kalau gak ada tanggul itu, gak kebayang bener2 putus deh jalur Sby-Malang. Waduh, serem banget. Sementara kepulan asap masih nampak di kejauhan.

Yg bikin heran, pagi2 begini udah banyak penonton & orang2 yg pada jualan. Saya jadi keinget cerita kakak saya. Saking fenomenalnya lumpur lapindo, sampai2 di depan SD-nya keponakan saya di Surabaya, lumpur lapindo dijadiin souvenir yg sekantong plastiknya dijual 1000-an. Udah gitu, si Fifi keponakan saya itu merengek2 minta dibeliin lagi. Ada-ada aja. Setelah melewati jalan yg agak sedikit tersendat, tapi ini sudah cukup lancar kata kakakku, kita menyeberangi jembatan di atas Sungai Porong. Mau tahu warnanya??? Abu2 pekat! Gak tahu masih ada makhluk yg bisa hidup gak di sungai itu. Duh… mengapa manusia begitu serakahnya sama alam ya??? Kerusakan apa lagi yg akan dibuat???

Alhamdulillah, gak sampai sejam kita sudah sampai di Taman Safari II Prigen. Kalau beberapa tahun lalu jalan ke arah Taman Safari Prigen masih menghijau dengan banyak pepohonan, rasanya sekarang pemandangan jadi makin terang benderang… pohon2 itu udah entah kemana. Sayang banget…. Rupanya, kita kepagian sampai di Taman Safari. Jadi mobil musti belok dulu ke parkiran. Jam 08.30 gerbang Taman Safari dibuka, dan kita mulai perjalanan kita mengelilingi Taman Safari Prigen. Tapi sebelumnya, kita musti beli tiket dulu. Gak terlalu mahal kok, dewasa Rp 35 rb, anak2 Rp 30 rb, mobil Rp 10 rb.

 

Sepanjang jalan, anak2 teriak2 terus. Meskipun udah sering ke kebun binatang, tapi Daffa tetep excited ngeliat beragam binatang. Mulai dari ilama, rusa, banteng, singa, harimau, komodo, buaya yg gedeee… banget, si jangkung jerapah, zebra, kambing gunung, gajah, beruang, onta, etc. Seru juga. Cuman, rasa2nya macan & harimaunya sekarang cuman dikit ya. Gak sebanyak dulu. Mungkin perawatannya mahal.

Setelah puas… puas…, anak2 masih pengen main. Oke deh, yok… pada naik gajah. Lumayanlah, muter2 bersama gajah. Daffa & Fifi girang banget. Puas naik gajah, kita langsung ke tempat pertunjukan gajah. Rupanya jam 11.00 ada elephant show atau tepatnya elephant presentation. Gajah di sini keliatan sehat2 banget. Pertunjukan pertamanya, semacam drama… gimana gajah2 di Lampung diburu orang, gimana mereka kehilangan tempat hidup & pangan karena hutannya dialihfungsikan jadi perkebunan, dan pesan2 supaya kita lebih perduli & cinta ama satwa liar. Tapi di tengah pertunjukan gajah, Kiki keponakan saya bisik2 ke saya, ”Kasihan ya, gajahnya disuruh main begitu buat hiburan kita.” Ya, idealnya mereka punya kehidupan sendiri, lingkungan sendiri di mana mereka bisa bebas tinggal dengan tenang. Sayangnya, manusia begitu kejamnya memburu & ngabisin lingkungan mereka.

 

Setelah nonton animal show, anak2 masih pengen maen. Okay deh, kali ini naik kuda poni. Permainan di sini murah meriah kok. Rata2 tiketnya 4 ribu saja. Berhubung kudanya mini, anak2 berani naik si kuda poni. Cuma, naiknya bentar banget ya. Yah… murah mau lama. Hehe… Abis itu, kita masih nyoba naik semacem kereta yg bisa dinaikin berempat. Sebenernya masih banyak permainan lain, tapi rupanya kita udah ditungguin. Maklum, udah siang.. pada laper.

Pulang dari Taman Safari II, kita mampir makan di Ikan Bakar Cianjur. Meskipun judulnya ikan bakar, di sini ada macem2 makanan. Termasuk juga makanan khas Jawa Timur seperti rujak cingur kesukaan suami saya. Selain ikan, salah satu favorit kita, tumis kailan. Senengnya di sini, ambience-nya oke banget. Di belakang restoran ada halaman luas, ada playground. Jadi abis makan anak2 bisa main… sementara kita bisa leyeh2 dulu. Kalau mau numpang sholat, ada mushola yang cukup bersih.

Rupanya Fifi & Daffa belum puas main di Taman Safari, tahun depan katanya mau lagi main ke Taman Safari Prigen. Doakan saja… moga2 lumpur lapindonya segera brenti. Jadi kita gak was2 jalan dari Surabaya ke Prigen.

Komentar»

1. icha - November 4, 2008

wah terimakasihh…..!
taman safari prigen ada di jawa timur kan?
nanti ini akan saya print sebagai bukti untuk guru saya bahwa taman safari prigan ada di jawa timur.
karena beliau menyalahkan jawaban saya bahwa taman safari prigen ada di jawa timur. makasi…..

2. amidawibowo - November 4, 2008

Iya betul, taman safari Prigen ada di Pasuruan Jawa Timur. Kalau mau lebih lengkap, lihat aja di websitenya: http://www.tamansafari2.com

3. bima - Januari 13, 2009

Jd kepingin deh bima ke taman safari 2. Alhamdulillah liburan ini tgl 13 Januari 2009 ayah, mama, mbak, kakak Devi dan Bima diberikan kesempatan oleh Allah berkunjung ke Taman Safari ini. Indah banget gak seperti di KRUS (Kebon Raya Unmul Samarinda) gak ada apa2nya. Bahkan buayanya pada lari waktu terjadi banjir beberapa waktu lalu menerjang kota Samarinda.

4. Usamah Bima Shafa - Januari 13, 2009

Temen-temen penggemar traveling, jangan lupa ya kunjungi blog bima di http://www.bimashafa@multiply.com. Salam untuk teman-teman Kelas 2 MIN 1 Samarinda.

5. desy - April 29, 2009

hy…

kak que mau tny..

suhu rata” , ketinggian , luas , kondisi tanah , dll…

cz,aq luppppha ….

he…5x

klo bs bls skrg yow …
aq tggg
skrgx….
gpl

6. amidawibowo - April 30, 2009

Wah, saya nggak tahu data sedetil itu. Coba deh cari di websitenya, atau bisa tanya langsung ke pihak taman safari.

7. ibnu0971 - Mei 5, 2009

Wah menarik sekali ya…jadi kepingin kesana

8. silora - September 21, 2009

aku blm pernah ke taman safari malang. kalo lewat mojokerto bisa nggak ya?

9. andy - Oktober 14, 2009

KELIHATANYA BAGUS TUH TAMAN SAFARI… TAPI BIAYA MASUKNYA MAHAL GA??? KIRA2 BERAPA??

10. arnold - Oktober 17, 2009

sebenarnya aq dah lama sangat kesono tapi agak lupa klo masuk ke wahana permainan anak apa bayar lagi ? soalnya mo rencana kesono sama keluarga besar lagian infonya ada wahana baru di seputar/dalam komplek. tolong dong yg masih mau kasih tau aq ucapkan trims y gede

11. Niluh ariwati - Januari 12, 2010

Niluh;12-januari 2010

Aku belum pernah ketaman safari prigen rencana besok tgl 13jan 2010 aku kesana waa…..h pasti seru nih tp aku mau nanya tempat makan terdekat namanya apa ya? balas

amidawibowo - Januari 12, 2010

Sebetulnya banyak restoran d sepanjang jalan menuju Taman Safari Prigen, tapi restoran favoritnya keluarga saya di Ikan Bakar Cianjur.

12. Niluh ariwati - Januari 12, 2010

Taman safari prigen adalah taman hiburan dan rekreasi yang sangat bagus meski masih sepi penunjung tapi henaknya ditingkatkan kelestariannya agar bisa menarik wisatawan

13. SALMAN - Februari 19, 2010

SEBENTAR LAGI AQ AKN KE SANA TNGGU AQ YA

14. dwi yunanto - Maret 3, 2010

objek wisata jatim memang ok banget ga nyesel liburan keliling jatom

15. naja - Juli 6, 2010

bentar lg aq kesana….tp atuttt….

16. dian - Juni 15, 2011

wah seru banget ke tman safari 2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: