jump to navigation

Sehari di Ancol Agustus 27, 2008

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
trackback

Pernah ke Ancol naik Transjakarta alias busway? Ternyata asyik lho… Liburan bulan Juli lalu, kita pergi rame2 ke Ancol. Pagi2 ikutan Ayah & didrop di terminal Kampung Melayu. Dari sini, kita naik busway yg menuju ke Ancol. Dengan tiket Rp 3.500 per orang, rasanya cukup murah bisa naik bus ber AC dan gak perlu macet2 karena busway punya jalur khusus.

Tapi pagi itu, biarpun bukan weekend, busway menuju Ancol penuh juga. Maklumlah, pagi-pagi kan banyak yg berangkat kerja. Alhamdulilah, Yangti bisa duduk karena ada mbak yg berbaik hati ngasih tempat duduk. Terimakasih banyak. Jangan salah… di Jakarta yg begini ini barang langka. Biar ada orang tua berdiri, biasanya pada cuek… Makanya kalau dibilang Indonesia bangsa yg ramah, ini gak berlaku untuk Jakarta.

Alhamdulillah, ½ 10 pagi kita udah sampe’ Ancol. Terminal busway di Ancol ada di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol, gak jauh dari Dunia Fantasi. Jadi kalau mau ke Dufan, dari teminal busway bisa langsung jalan kaki. Tapi eit, jangan lupa kita musti beli tiket dulu untuk masuk ke Ancol. Per orangnya, untuk 2 thn ke atas, Rp 10.000.

Terminal Busway Ancol Ancol Ticket Booth

Berhubung kita mau ke Seaworld yang letaknya agak jauh dari terminal busway, kita musti naik bus ke sana. Ancol saat ini punya bus gratis keliling Ancol. Bus-nya nggak ber-AC sih, tapi lumayanlah… busnya jendelanya bolong2, jadi masih ada semilir angin. Akhirnya belum sampai jam 10 pagi, kita udah di Seaworld. Masih sepi… tapi Seaworld udah buka. Tiket masuk per orang Rp 50.000. Berhubung ada promo dari salah satu Bank, lumayanlah… dapet disc 20%. Sementara Yangti, karena usianya di atas 55 thn, dapet harga special Rp30.000.

Ancol bus
Seaworld gak jauh beda dengan 5 tahun lalu waktu saya ke sini. Waduh… udah lama banget ya… Cuma, kenapa sekarang rasanya kok kecil ya… Muter2 bentar udah habis. Mungkin yg masih menarik terowongannya. Gak terlalu panjang sih, tapi itu mungkin yg paling menarik di antara yg lainnya. Yang cukup menarik juga, shark aquarium. Kalau di laut susah ngeliatnya, kita bisa ngeliat di sini. Ternyata gak seserem yg selama ini kita liat di film, gitu komentar anak saya. Ya iyalah… wong sebenernya jauh lebih banyak hiu yg mati ditangkep manusia, daripada manusia yg diserang hiu. Pikir2, sebenernya manusia predator yg paling berbahaya di dunia.

 
Puas liat hiu, kita ke touch pool. Di sini bisa liat penyu yg besar-besar, juga ikan pari & hiu yang aman untuk disentuh. Tapi anak-anak kenapa pada takut nyentuh ya… Yang mengagumkan juga, pas di terowongan ngeliat ikan pari raksasa. Subhanallah… gede banget. Bisa buat selimut! Setelah puas keliling terowongan, kita nunggu feeding time. Acara ini termasuk yg banyak peminat. Ada 2 diver yg nyelem ke aquarium raksasa & ngasih makan ikan-ikan & penyu yg ada di dalamnya. Ikan-ikan itu keliatan bersahabat banget. Yg seru waktu diver-nya ngasih makan ke ikan pari raksasa yang beratnya sekitar 300 kg! Waduh gede banget ya…

 
Selain ikan, di Seworld ada buaya putih yang ternyata kecil-kecil. Berhubung saya paling takut ama buaya, jadi cuma selewat aja, gak berani liat-liat. Kalau lagi suntuk, emang seneng ya… liat beraneka macam ikan yg Subhanallah… indah-indah banget. Buat anak-anak juga nambah pengetahuan, dan yg penting banget… supaya mereka tambah cinta dengan biota laut. Kalau udah cinta, mustinya mereka akan berusaha untuk mencintai & melestarikan alamnya. Semua ini adalah bentuk rasa syukur kita pada Yang Maha Kuasa.
 

Setelah puas dari Seaworld dan makan siang di foodcourt-nya Seaworld, kita menuju ke Gelanggang Samudra. Ternyata, tempatnya pas di depan Seaworld. Tinggal jalan kaki aja sedikit. Ternyata rame juga, ngantri dikit sih untuk beli tiketnya. Tiket per-orang Rp 75.000. Berhubung lagi2 ada promo dari salah satu bank, kita dapet disc 25%. Lumayan…

Liat Gelanggang Samudra sekarang, wah…. udah beda jauh dari yg dulu. Sekarang jauh lebih bagus. Pantes tiketnya mahalan. Begitu masuk, di sebelah kiri ada areanya kuda nil Afrika. Cuman seekor, kesian juga ya gak ada temennya. Informasi di Gelanggang Samudra sekarang juga lebih bagus. Papan peta ada di mana-mana, juga petunjuk arah ke berbagai lokasi yg ada.
Selain arena pentas satwa, akuarium laut, & theater 4D, ada beberapa permainan anak-anak yang kalau dibandingin Dufan di sini lebih gak menyeramkan. Seperti kiddy bumper car, ballon race alias ubur-ubur, permainan pesawat yg muter-muter, dan ada play ground.
Berhubung kita masuk udah agak siang, kita langsung ke arena pentas singa laut. Ada 3 singa laut yang pentas saat itu. Namanya Robert, Berto, dan satu lagi siapa ya… Seru juga sih, pertunjukannya. Sayang masih sirkus banget. Mustinya diselipin pesan tentang pelestarian satwanya. Biar anak2 gak nganggep binatang ini memang cuman buat hiburan aja.
Selesai dari sini, anak2 main ‘bentar di playground. Dari sini, kita ke pentas lumba-lumba. Arena pertunjukannya jauh lebih bagus dari gelanggang samudra dulu. Ceritanya kita masuk ke sea castle. Kalau lumba2, memang selalu seru pertunjukannya. Makanya anak2 happy banget. Setelah lumba2, ada pertunjukan paus putih yang bisa bernyanyi. Cukup menghibur.

 

 

Cuma, memang masih perlu ditambah unsur education. Memang sih, orang dateng ke sini pastinya untuk mencari hiburan, tapi kalau ada unsur edukasi yg dikemas dengan suasana hiburan, akan ada value yg meskipun mungkin tidak disadari penonton, akan menjadi sesuatu yg bernilai untuk mereka.

 
Satu lagi, sayang banget kesadaran akan kebersihan dari pengunjung masih rendah banget. Biarpun disediain tempat sampah, masih juga pada seneng nyampah. Yang makanan tumpah, ada nasi, mie, gelas & botol air minum berserakan di mana2, sampah tissue, wah… ampun deh. Tiap abis pertunjukan area tempat duduk penonton jadi kotor banget. Belum lagi pas mau pertunjukan lumba2, ada lagi yg nglempar botol minuman ke kolam lumba2. Kok bisa ya… segitu joroknya.

Selesai dari arena lumba-lumba, sebenernya kita mau nonton 4D theatre. Antriannya lumayan panjang sih. Setelah berdiri beberapa lama, ada pengumuman, bahwa kita2 yg antri di luar masih harus nunggu sekitar 1,5 jam. Karena di dalam pyramid, sudah ngantri 600 orang. Waduh…. enggak deh kalau harus segitu lamanya nunggu. Akhirnya kita putuskan untuk istirahat dan anak2 main2 aja di halaman 4D theatre.

 

Puas dari gelanggang samudra, rencananya kita mau balik ke terminal busway dengan bus yang kita naik tadi pagi. Ternyata setelah menunggu sekian lama, tak satupun bis yg muncul. Nggak tahu, kali ini rute bisnya lewat mana. Karena tadi pagi, kita brenti di depan Seaworld. Jadi saya pikir, pasti bisnya akan lewat sini lagi. Akhirnya kita naik andong, lumayan 30 ribu bayarnya. Sampai di terminal busway, ternyata hal yg sama terjadi lagi. Bis-nya nggak dateng2. Sementara calon penumpang sudah menumpuk. Akhirnya, kita nyerah deh. Nggak tega ama Yangti, kasihan harus berjubel2. Akhirnya kita putuskan untuk dijemput sama Ayah ke Ancol aja.

Dibandingkan jaman dulu, Ancol sudah mulai lumayanlah. Cuma sayang, pohon kurang banyak, dan transportasi umumnya masih susah. Terutama di dalam lingkungan Ancol. Mustinya kalau emang nyediain bus gratis keliling Ancol, dibuatin halte yg jelas, rute yg pasti, bus gak ber-AC gak papalah tapi service-nya harus lebih baik lagi. Transportasi ke Ancol sebenernya udah mulai lumayan, udah ada kereta wisata yg operasinya pas weekend, dan busway yg beroperasi tiap hari. Sayangnya, jadwal buswaynya kurang jelas. Penumpang banyak, tapi armadanya kurang. Akhirnya begitulah seperti yg saya alami waktu ke Ancol.

Komentar»

1. pei - September 20, 2009

wah.. thx udah sharing ya..😀 infonya berarti sekali.. lagi mo jalan2 dan penjajakan dulu cari info..
selamat lebaran, selamat liburan..

2. ade - Juni 11, 2010

keren bgt..
thx buat infonya..
bisa jadi rekomendasi buat refreshing nii..
^_^

3. ade - Juni 11, 2010

keren bgt..
thx buat infonya..
bisa jadi rekomendasi buat refreshing nii..

4. Bambang - Desember 2, 2010

Makasih banget, infonya berarti banget ama yang belum pernah ke Ancol. thks ya,…

5. amidawibowo - Desember 5, 2010

Sama-sama… Semoga bermanfaat infonya. Selamat berlibur…

6. dwee - Desember 17, 2011

Terimakasih info nyaa.. bermanfaat ^.^)8

amidawibowo - Desember 18, 2011

Sama-sama. Selamat berlibur…

7. maminx - Desember 24, 2011

wah makasih info nya bermanfaat nih..

8. abdul malik - September 18, 2012

thank you infonya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: