jump to navigation

Petik Apel di Kusuma Agrowisata Malang November 3, 2008

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
Tags:
trackback

Libur lebaran lalu (sudah agak lama ya… cuma mau nulis kok males terus), kita jalan-jalan ke tempat agrowisata apel di Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Sebetulnya ini bukan pertama kali ke sana, cuma anak saya kalau ditanya bilangnya sudah lupa. Akhirnya ya udah , kita ajak dia ke sana. Sudah menjadi tekad kita, bahwa liburan acaranya harus outdoor dan mencari udara segar dan bersih. Maklum, selama ini tinggal di daerah yang penuh polusi.

Batu nggak jauh kok dari Surabaya. Kita sudah sambil mampir2 cuma perlu 2,5 jam untuk sampai di sana. Alhamdulillah karena berangkat pagi, jadi nggak kena macet di sekitar lapindo. Selebihnya perjalanan lancar banget. Pastinya saya selalu menikmati perjalanan Surabaya Malang, seneng bisa liat pegunungan sepanjang perjalanan. Meskipun gak seindah & sehijau dulu…

Kusuma Agrowisata ini, sebetulnya nggak cuma kebun apel. Di sini ada hotelnya juga. Tapi kalau musim lebaran gini… waduh, penuh banget. Mungkin kalau pengen nginep di sini pas musim lebaran, bookingnya harus jauh2 hari. Kalau nggak pengen ke kebun apel, bisa berenang, makan, naik kuda, atau sekedar main2 di playground. Untuk masuk ke kebun apel, kita musti bayar, ada beberapa paket pilihan, yg paling murah sih per orangnya 25 ribu.  Kita ngambil paket yang ini. Nanti kita bisa keliling kebun, metik apel 2 buah per orang, dan dapet jus apel.

  

Waktu itu kita masuk kebun apel udah jam 10-an. Lumayan panas juga ya, jam segitu. Kalau males jalan, bisa naik mobil terbuka yg keliling kebun apel, tapi musti bayar lagi 10 ribu per-orang. Tapi jalan kaki gak capek kok, muternya cuma dikit. Lagian kalau jalan bisa lebih puas liat2nya. Untuk metik apel, ada lokasi khusus area petik.

 

Sayangnya kok buahnya kecil2 ya. Ada area yg apel-nya gede2 tapi dipagerin, jadi kita cuma bisa liat doang. Pohon apel memang gak sebesar pohon mangga yg tinggi dan rindang. pohonnya pendek2, makanya gak heran kalau masuk kebun apel ya siap2 kepanasan. Meskipun letaknya di pegunungan, tapi Batu gak gitu dingin. Oh iya, apel yg habis dipetik, gak boleh langsung dimakan. Petugas mengingatkan berkali2 ke kita, bahwa apel harus dicuci dulu baru boleh dimakan. Kuatir pestisidanya kemakan kali ya.

  

Puas metik apel & lihat2 kebun, kita mampir ke restoran untuk nukerin kupon dengan juice apel. Hmm.. seger banget. Kalau pengen makan di sini juga bisa, ada berbagai menu ditawarkan. Buat yg pengen njajal flying fox juga bisa, bayar 20 ribu. Tapi ngantrinya… panjang banget. Ponakan saya akhirnya batal nyobain flying fox-nya, gak tahan antrinya! Di sini selain apel, ada juga green house paprika, lalu kebun strawberry tapi buahnya masih kecil2… Lalu ada green house yg isinya berbagai tanaman hias, macam2 anggrek bisa kita jumpai juga di sini. Kalau mau beli juga boleh… soalnya tanaman hiasnya emang dijual, kok.

  

Yang saya gak terlalu setuju sebetulnya adalah kandang binatang, mustinya gaku usahlan naruh binatang di beberapa sudut di area kebun. Mana kurungannya cuman segitu, kesian… kayak dipenjara. Lagian binatang liar kan gak untuk dipiara… Di area deket kebun apel, ada playground juga. Jadi kalau anak2 bete, udah tinggal bawa aja ke sini. Kita bisa duduk2 sambil makan apel nungguin mereka. Hehe…

Komentar»

1. patria mahendra datta - Desember 22, 2008

saya mau bertanya,aelnya kecil2 ya????masih hijau dan banyak getahnya,kmaren anak2 ITS SURABAYA sempat Kuliah Lapangan disana..proses pembuatan dengan Natrium Benzoat apakah tidak berbahaya ??karena pernah saya melihat salah satu produk industri ini menggunakan zat itu..

2. amidawibowo - Desember 23, 2008

Emang iya, apelnya kecil-kecil. Ada sih yang gedean, tapi bukan disediakan untuk dipetik pengunjung.
Kalau katanya BPOM, Natrium Benzoat aman dikonsumsi asal digunakan sesuai aturan penggunaan. Juga udah sesuai standar internasional.
Tapi kalau gak yakin, emang mendingan bikin jus sendiri aja di rumah, pakai apel yg segar.

3. Dhatz - Desember 24, 2008

alat ni : saya mau bertanya,apelnya kecil2 ya????masih hijau dan banyak getahnya,kmaren anak2 ITS SURABAYA sempat Kuliah Lapangan disana..proses pembuatan dengan Natrium Benzoat apakah tidak berbahaya ??karena pernah saya melihat salah satu produk industri ini menggunakan zat itu..

thanx atas balesannya…

wah kalo mbuat jus sendiri se emang enak..hehehehehe
kmaren tuh waktu aku makan apelnya banyak getahnya n masih pada belum matang tuh..

4. Dhatz - Desember 24, 2008

ralat ni : saya mau bertanya,apelnya kecil2 ya????masih hijau dan banyak getahnya,kmaren anak2 ITS SURABAYA sempat Kuliah Lapangan disana..proses pembuatan dengan Natrium Benzoat apakah tidak berbahaya ??karena pernah saya melihat salah satu produk industri ini menggunakan zat itu..

thanx atas balesannya…

wah kalo mbuat jus sendiri se emang enak..hehehehehe
kmaren tuh waktu aku makan apelnya banyak getahnya n masih pada belum matang tuh..

5. Dhatz - Desember 24, 2008

wah kayaknya setuju dah majawabannya
info lebih lanjut klik aja sini

6. Radinia RISKAtania NRP 22 TL ITS - Desember 24, 2008

saya pinjem email temen saya,makasih atas infonya ya..buat Dhatz semoga tambah sukses setelah menjabat Pres BEM ITS,wah kalo gitu aman dikunsumsi ya??yang penting kadarnya pas..
oh iya kmaren saya ngambil apel 3 loohhh…coz cuman dikasih batas 2,tapi kata mas2 yang juga gag papa,weekkeke
masnya ganteng ganteng ya,,!!!

semoga blog ini smakin bermanfaat

7. dhatz - Desember 24, 2008

loh coment saya kok dihapus ya..
buat Riska try this..
klik aja sini

intinya Natrium Benzoat cukup aman bagi tubuh asal kadarnya tidak berlebih

semoga bermanfaat

8. RADINIA RISKATANIA - Desember 24, 2008

sory dhatz,aku pake emailmu..thanx atas infonya..semoga BEM ITS semakin jaya..

tempat wisata yang bagus lagi dimana yah??coz di Surabaya cuman ada Mall n panas..
gmna menurut Daffa’s MOM??

9. rap - Desember 24, 2008

wah kayaknya seru nih ngomongin liburan.. IBU nya daffa kayaknya gaul banget ya..hoho,..sebentar lagi taun baru nih..pada mau kemana?

10. RADINIA RISKATANIA - Desember 24, 2008

wah tadi emailku troble..

pada ngomongin liburan ni…

Daffa mau kemana ya??g metik apel lagi ta????

tempat apel yang gede2 dimana ya??kan lebih gede lebih sip..hehe

11. amidawibowo - Desember 26, 2008

Surabaya emang panas. Kalau libur lebaran suka bingung mau ke mana. Paling ke mall, tapi lama2 bosen juga. Kapan2 mungkin mau nyoba ciputra waterpark. Bagus nggak, ya??
Liburan kali ini nggak ke mana2. Mungkin mo jalan2 ke museum seputar Jakarta. Kalau nggak ke Bandung lagi, ke Bandung lagi. Tapi heran ya, gak pernah bosen kesana.

12. Sherin - Februari 8, 2009

surabaya emang panas banget, aku disana 8 bulan aja udah pingin pindah aja rasanya, ow yah rencana aku mau adain penelitian di kawasan agrowisata ini, aku pingin meneliti tentang pengembanagn dan potensi apa aja yang udah di lakukan , kan kalau bisnis semakin berkembang, wisatawan juga semakin berminat terhadap hasil wisatanya,,,???aku juga penasaran kenapa, yang datang di tempat wisata ini kebanyakn wisatawan mancanegara??/orang pribumi aja malah jarang aku temui???apa sebabnya???

13. amidawibowo - Februari 9, 2009

Waktu saya ke sana malah sebaliknya, hampir gak ketemu orang asing.

14. vina viollet - Juni 25, 2009

di kusuma agro wisata emang asyik banget………
apalagi buat liburan sama keluarga dan teman-teman pasti seru banget.
yang paling asyik itu kalau menjelang tahun baru….
tambah seru abisss..
aku bilang kayak gini karena udah pengalaman di agro,kan udah di agro udah pernah jadi guide selama 6 bulan..

makasihhh

15. HERO - Mei 12, 2010

semuanya untuk karyawan agro ,terutama untk pA ,,, JAGA KEBERSIHAN

16. ade - Juni 11, 2010

keren bgt..
thx buat infonya..
bisa jadi rekomendasi buat refreshing nii..
^_^

17. Novi - November 23, 2010

Mau beli “Pohon Apel” bisa kirim ke Bandung?

18. novita (opik) - Januari 28, 2011

. xixixi😀
. kyend yak . jdy pngend kssana🙂

19. dimas - Juni 6, 2012

brpa tiketnya?

amidawibowo - Juni 7, 2012

Waktu itu paling murah paket yg Rp 25.000. Kalau sekarang nggak tahu apa masih segitu.

20. setyo - Januari 1, 2013

tiketnya skg udah 50rb…. , dan alhamdulillah petikan mulai natal sampe thn baru ini buahny gedhe2…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: