jump to navigation

Ngurus Perpanjangan SIM via SIM Keliling DKI Desember 21, 2008

Posted by amidawibowo in Tips.
trackback

Terus terang, paling males kalau harus ngurus sesuatu ke pelayanan publik. Kayaknya udah gak asing, kalau banyak pungli, ngurusnya lama, rumit, trus suka gak jelas dipingpong sana-sini. Makanya begitu harus ngurus perpanjangan SIM, duh… males banget, tapi terpaksa harus diurus juga soalnya udah hampir due date. Saudara saya ngasih tahu, coba deh lewat SIM keliling, nggak ribet kok, nggak banyak calo, nggak harus pindah loket sana sini, pokoknya gampang.
Akhirnya, pergi juga deh ke SIM keliling, hari Selasa lalu saya ke Pasar Rebo, depan Makro. Mobil SIM keliling rupanya sudah ada, diparkir di pinggir jalan dekat Makro. Yang lagi nunggu gak banyak, jadi saya pikir lumayan nih gak usah ngantri panjang. Setelah nunggu sekitar 10 menitan, eh… ternyata genset-nya gak jalan, jadinya hari itu gak bisa ngelayanin SIM. Ya… bubar deh.
Sabtunya, saya balik lagi ke Pasar Rebo, ternyata cuma liat mobil STNK keliling. Ternyata info dari tukang parkir di situ, SIM kelilingnya ada di samping masjid At Tin di TMII. Akhirnya saya ke sana, bener juga, mobil SIM keliling udah ada di sana. Menurut info dari petugas, harusnya mereka hari ini ada di Pasar Rebo, tapi karena di sana nggak ada sumber listrik, mereka pindah ke TMII. Jadi rupanya, jadwal SIM keliling untuk Jakarta Timur, mereka pindah tempat tiap 2 minggu, antara Makro Pasar Rebo dan TMII. SIM & STNK keliling jadwalnya barengan.
sim-keliling
Terus gimana proses mengurus perpanjangan SIM? Gampang. Pertama, kita daftar dulu, serahkan SIM & KTP asli. Petugas akan mengcopy dokumen kita. KTP asli dikembalikan, tapi SIM-nya enggak. Lalu kita diminta tanda tangan di atas kerta kuning (nanti ini tanda tangan yg akan ditampilkan di SIM kita). Terus, kita ngisi form. Selesai itu serahkan form ke petugas & bayar administrasi Rp2.000 plus sumbangan PMI sukarela. Habis itu, tinggal nunggu dipanggil untuk proses berikutnya.
Setelah nama kita dipanggil, kita masuk ke bis. Di dalam kita akan diambil sidik jari, lalu difoto. Nunggu sebentar, jadi deh SIM kita. Di dalam kita bayar Rp100.000 untuk SIM A. Ternyata gampang ya prosesnya. Cuma, yg membosankan ya nunggunya. Untuk seluruh proses ini saya perlu waktu satu jam. Bisa dibilang lumayan lancar untuk ukuran public service kita.
Untuk info yang lebih komplit, termasuk jadwal SIM & STNK keliling DKI, coba deh ke http://www.lantas.metro.polri.go.id.

Komentar»

1. agus setiawan - Mei 27, 2009

selamat pagi…mohon informasi lokasi SIM keliling untuk jakarta selatan hari ini tgl 27 mei 2009…terima kasih…

2. amidawibowo - Mei 27, 2009

Coba dicek ke sini aja : http://www.lantas.metro.polri.go.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: