jump to navigation

Museum Geologi & Museum KAA Bandung Juli 29, 2009

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
trackback

Bingung mau liburan ke mana? Kenapa tidak sekali-sekali mencoba jalan-jalan ke museum. Terus terang, saya dulu sering membayangkan yang namanya museum di sini, hmm…. tempat yang kusam, berdebu, nggak terawat dan yang jelas sama sekali nggak menarik. Ternyata apa yang saya pikirkan dulu itu, wah… salah besar. Coba deh, datang ke 2 museum yang ada di Bandung ini. Kenapa sih Bandung?? Yang jelas, buat saya dan keluarga, Bandung masih menjadi salah satu tempat favorit berlibur. Selain jaraknya dekat, kotanya sejuk, makanannya enak-enak, orang2nya ramah, ke mana2 deket, pokoknya asyik. Nah, kalau ke Bandung cuma ke FO, duh… rugi besar. Coba deh sekali2 berkunjung ke museum. Ini dia pengalaman saya ke museum Geologi & museum Konperensi Asia Afrika di Bandung.

Museum Geologi

Museum Geologi

Museum Geologi

Museum Geologi ini, letaknya nggak jauh dari lapangan Gasibu & Gedung Sate. Tepatnya di Jl.Diponegoro No.57 Bandung. Gampang kok nyarinya, bangunannya cukup besar dan tulisan museum geologi terlihat jelas dari jalan. Museum ini menempati bangunan tua bergaya art deco yang masih sangat terawat. Ya, saya selalu mengagumi bangunan2 tua seperti ini.

Mirip-gajahMuseum yang awalnya adalah laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah di Indonesia ini, sudah berdiri sejak 1928. Awalnya, tempat ini bernama Geologisch Laboratorium, kemudian berganti menjadi Geologisch Museum. Tahun 1999, museum geologi mendapat bantuan dari pemerintah Jepang untuk direnovasi. Tahun 2000 museum ini dibuka kembali dan diresmikan oleh Presiden RI.
 
Kalau mendengar namanya saja museum geologi, yang ada di kepala saya, museum ini pasti isinya batu2an. Emang apa saja sih isinya? Ternyata, di museum ini ada bermacam2 materi geologi yang ternyata nggak cuma batu, tapi juga fosil dan mineral. Di museum ini terdapat 3 ruang peragaan, yaitu Ruang Sejarah Kehidupan, Ruang Geologi Indonesia, serta Ruang Geologi dan Kehidupan Manusia. Replika-Tyrex
Di ruang geologi Indonesia yang terletak di sayap barat, kita bisamelihat bagaimana perkembangan pembentukan kepulauan Indonesia, berbagai batuan dan mineral, gunungapi, dan kegiatan penyelidikan geologi di Indonesia. Di ruang sejarah kehidupan di sayap timur, kita bisa melihat perkembangan kehidupan dari waktu ke waktu, dimulai terbentuknya bumi sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Di sini kita bisa melihat beragam fosil, dan salah satu yang paling menyedot perhatian pengunjung adalah replika fosil Tyranosaurus rex. Ada satu lagi ruang peragaan di lantai 2, di sini kita bisa melihat bagaimana penambangan dan pengolahan mineral serta minyak dan gas bumi.

Ingin tahu lebih jelas seperti apa? Mampir aja ke Museum Geologi Bandung. Jangan kuwatir, masuknya gratis! Tapi biarpun gratis, tempatnya bersih, museumnya terawat, dan yang jelas bisa memperluas cakrawala pengetahuan.  

Lobby

Stegodon-trigonocephalus-gajah-purba-berkepala-trigonal-gadingnya-sampai-4-meter_-edited-1

Waktu Buka : Senin-Kamis : Jam 09.00-15.00 WIB ; Sabtu-Minggu : Jam 09.00 – 13.00 WIB.

Jumat dan hari libur nasional TUTUP.

Foto-foto yang lain bisa dilihat di : http://amidasw.multiply.com/photos/album/14/Museum_Geologi

Museum Konperensi Asia Afrika

IMG_5534 

Museum KAA berlokasi di Gedung Merdeka, di Jl.Asia Afrika 65 Bandung. Gedung Merdeka bisa dibilang adalah salah satu landmark-nya Bandung. Jadi gampang banget nyari tempat ini karena memang cukup terkenal. Sesuai dengan namanya, museum ini untuk mengenang peristiwa Konperensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada 18-24 April 1955.

IMG_5557Begitu masuk ke museum, di sebelah kiri kita bisa melihat diorama pembukaan KAA 1955.  Sementara di sebelah kanan lobby museum, terdapat ruang pameran tetap. Di sini kita bisa melihat koleksi benda-benda, foto-foto dokumenter peristiwa pertemuan Tugu, Konperensi Kolombo, Konperensi Bogor, KAA 1955.  Selain itu kita bisa melihat foto-foto dampak dari KAA bagi dunia internasional, profil negara2 peserta KAA, juga foto-foto gedung merdeka dari masa ke masa. Ingin mendengar pidato Bung Karno pada pembukaan KAA?IMG_5568 Kita bisa mendengarkannya di sini.  Pidato Bung karno berjudul “Let New Asia And a New Africa be Born”. Kalau ingin tahu lebih dalam tentang peristiwa KAA, di museum ini juga tersedia komputer yang berisi berbagai informasi tentang KAA yang bisa diakses oleh pengunjung. Selain itu, kalau ingin penjelasan lebih lanjut, pegawai museum di sini bisa mendampingi kita berkeliling museum. Dan lagi-lagi, masuk ke museum ini gratis!

Gedung Merdeka yang usinya cukup tua, berdiri sejak 1895 dan kemudian dirombak pada 1921 menjadi gedung Concordia, masih sangat terawat hingga saat ini. Gedung bergaya Art Deco ini memang terlihat begitu unik & sangat menarik. Coba deh, berkunjung ke sini. Rasanya ikut bangga juga, pada 1955  negara kita menjadi penyelenggara KAA yang menumbuhkan solidaritas antara Negara-negara Asia Afrika.

Waktu Buka : Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB

IMG_5538

Komentar»

1. deden.r - Desember 10, 2009

kLw lht tU kY y”snG yA pNgn jDy jLn2 ke sNa!!!

yuma - April 3, 2011

a***

2. rizqy - Desember 29, 2009

nice inpo bro..

3. amidawibowo - Desember 30, 2009

Thanks. Let’s go to museums!

4. ali rois seven - Maret 7, 2010

wah kmarin aq bru aj k bandung ternyata gedung kaa & museum geologi bgs mog ttp kokoh

5. ndah ae - Maret 9, 2010

ya neh… jdy pnsrn bgd sm museum geologi,,,, lw museum KAA sih dah tw??? enx gak sih d museum geologi???????????

Fakhriya - April 11, 2010

Seru liat fosil dan bebatuan

6. ade - Juni 11, 2010

thx infonya ..🙂
sgt bermanfaat..
jd rekomendasi buat jalan2..

7. natha - Januari 26, 2011

wew….Indonesia iz the best….

8. kenichi - Februari 25, 2011

informasinya singkat padat dan jelas, tahanxx yaa🙂

siapa aja boleh - Februari 25, 2011

betul… betul… betul…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: