jump to navigation

Kawah Putih Desember 14, 2009

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
trackback

Beberapa orang teman pernah cerita ke saya bahwa Kawah Putih adalah tempat yang luar biasa yang musti saya kunjungi. Saya sering ke Bandung, tapi belum pernah sekalipun ke tempat ini. Saya pikir tempat ini jauh & perjalanannya merepotkan. Tapi akhirnya, beberapa waktu lalu saat berlibur ke Bandung, saya & keluarga berangkat juga ke sana.

Dari informasi sana-sini, jalan paling aman dari kemacetan adalah lewat tol & keluar di pintu tol Kopo. Dari sini, belok kanan ambil ke arah Soreang. Jalanan memang sedikit tersendat di daerah Kopo & terusannya, tapi masih bisa ditolerir kok. Setelah tiba di Soreang, nanti ada petunjuk ke arah Ciwidey. Saya waktu itu lewat semacem jalan lingkar luar, lancar banget. Kalau mau lewat kota Soreang juga bisa, tapi dari info seorang Bapak yang saya tanya, di situ suka agak macet karena musti melewati terminal.

Pemandangan dari Soreang ke Ciwidey, bener2 membuat kita fresh. Ditambah udara pegunungan yg sejuk. Jalanan memang berkelok-kelok, tapi pemandangan di sini indah banget. Mulai dari sawah yg membentang di antara pegunungan, kebun strawberry, sampai kebun bawang daun dengan aroma bawangnya. Sebelum sampai di kawah putih, hutan di kanan kiri menyambut kita. Sungguh, memanjakan mata banget!

Kawah Putih berada sekitar 46 km dari Bandung. Dengan mobil sekitar 1,5 jam perjalanan. Kalau kita dari Bandung, gerbang kawah putih terletak di sebelah kiri. Di sini kita beli tiket, dewasa Rp 12.000, mobil Rp 5000. Anak saya gratis! Dalam hati saya, murah banget! Kawah putih masih 5,6 km dari sini. Dari pintu gerbang, awalnya jalanannya mulus banget, setelah itu aspalnya sedikit gak rata, tapi gak parah. Jalanan terus menanjak & berkelok-kelok dengan hutan di kanan kiri yg masih alami. Saat itu kabut mulai turun, tapi jalanan masih cukup terlihat. Di dekat kawah putih ada tempat parkir yg cukup luas. Tapi bus tidak bisa sampai ke sini. Biasanya kalau rombongan yg naik bus, parkirnya di dekat gerbang masuk, nanti ke atas dengan kendaraan yang disediakan pihak pengelola Kawah Putih.

Begitu sampai, wah dingin juga ya… ditambah hujan rintik2. Suhu saat itu 16 derajat C. Saya sudah gak sabar pengen liat Kawah Putih. Dari tempat parkir ada jalan setapak menuju kawah. Aroma belerang mulai menyergap. Subhanallah, sungguh luar biasa pemandangannya. Seumur2 belum pernah saya melihat tempat seperti ini. Serasa di dunia lain. Pokoknya eksotis! Danau vulkanik yang berwarna turquoise dengan asap yang mengepul di atasnya. Menurut informasi, warna danau ini tidak selalu hijau turquoise seperti waktu saya lihat saat itu. Kadang berwarna putih, kadang coklat susu.

Danau ini merupakan bekas kawah gunung Patuha yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha yang terjadi sekitar abad 10 dan 12. Dahulu masyarakat Ciwidey menganggapnya sebagai tempat yang angker. Hingga pada 1837, Dr Franz Wilhelm Junghuhn, peneliti botani Belanda menemukan danau kawah yang mengeluarkan lava belerang dan gas yg menusuk hidung. Pada zaman Belanda sempat dibangun pabrik belerang Zwavel Ontgining Kawah Putih. Kemudian saat Jepang datang, usaha ini dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Kalau datang ke sini, sebaiknya pakai sepatu kets, karena pinggiran danau adalah tanah putih yang berkerikil dan tanahnya bergelombang. Selain itu karena suhu yang dingin, sebaiknya pakai jaket & sediakan payung karena sewaktu2 bisa saja hujan turun. Demi keamanan kita, ikuti aturan yang diberlakukan di sini. Bila sudah lelah, Anda bisa menghirup hangatnya bandrek yang banyak dijual di warung2 dekat parkiran & menikmati jagung bakar. Cukup Rp 3000 untuk menikmati sepotong jagung bakar yg hangat & nikmat.

Sungguh pengalaman yang luar biasa. Bener juga kata teman saya, tempat ini beautiful, amazing, wonderful. Pokoke top markotop. Subhanallah.

Komentar»

1. ade - Juni 11, 2010

keren bgt..
thx buat infonya..
bisa jadi rekomendasi buat refreshing nii..
^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: