jump to navigation

Bali Bird Park Desember 31, 2010

Posted by amidawibowo in Jalan-jalan.
trackback

Coba kalau di Jakarta ada bird park sebagus ini. Wah… pasti asyik. Begitu komentar anak saya. Ya, Bali Bird Park memang salah satu tempat favorit anak saya di Bali. Nggak cuma dia… saya juga suka banget berkunjung ke sini.

Bali Bird Park bisa ditempuh dari Sanur/Denpasar sekitar 15 sampe 20 menit. Kalau nggak macet ya… Cukup deket kok, ikutin aja Jalan Raya Batu Bulan, sampai ketemu pertigaan ada patung barong di tengahnya, nanti ada signage Bali Bird Park. Ikutin aja, nggak jauh dari situ. Kalau ke sini sebaiknya sih pagi-pagi, selain jalanan lebih lancar, udara pagi lebih sejuk dan nyaman untuk jalan-jalan mengelilingi bird park.

Tiket masuk untuk WNI, dewasa Rp 82.500, anak-anak Rp 41.500. Jangan lupa tunjukkan KTP/ID card. Sebelum masuk, kaki dan tangan kita disemprot disinfektan. Begitu masuk, kita disambut macaw yang bulunya berwarna-warni, burung dara putih yang santai berkeliling di sekitar kita, dan ow… ada yang nyeletuk selamat pagi, rupanya kakak tua. Anak saya seneng banget, diajak ngomong deh tu burung yang ternyata emang pinter bicara.

Dari sini, saya melangkah menuju breeding centre. Melihat bayi-bayi burung dari balik kaca. Subhanallah… Dari sebutir telur, menetas menjadi bayi-bayi mungil, lalu kelak mereka menjadi burung yang begitu mempesona. Puas dari sini, saya melangkah ke Africa area, Sumatera, & Borneo area. Sayang burung-burung di sini diletakkan di dalam kandang. Tapi kandangnya cukup besar, sih. Puas dari sini, kalau capek kita bisa istirahat dulu di tepi danau kecil yang dipenuhi burung bangau & flamingo. Keren banget!

Salah satu tempat favorit saya di sini adalah Papua Aviary. Serasa masuk hutan di Papua & dikelilingi berbagai burung yang terbang bebas. Bener-bener keren abis! Saya menghabiskan banyak waktu di sini. Seneng banget bisa liat dengan jelas dari dekat burung cendrawasih yang sudah mulai langka itu. Kalau sabar, kita bisa liat si burung mengembangkan sayapnya yang indah itu. Subhanallah, bener-bener bird from heaven.

Nggak terasa, udah hampir jam 11. Waktunya birds of prey show. Ini juga keren banget. Acaranya dibawakan dalam bahasa Inggris & Indonesia. Tempat shownya alami banget, dengan background persawahan. Wah, takjub banget dengan kemampuan luar biasa burung2 pemangsa ini. Kecepatan menangkap mangsanya menakjubkan. Yang seru juga, free flight show-nya macaws yang katanya lahir di Bali itu. Wow, kayak air flight show aja. Sehabis show, kita boleh foto-foto dengan para burung pemangsa.

Salah satu burung yang istimewa di sini adalah jalak Bali yang sudah mulai langka. Sayang banget kalau burung ini harus punah gara-gara ulah manusia. Di area Bali aviary kita bisa melihat burung yang special ini.

Pengen lihat pelican lebih dekat? Pelican di sini bebas berjalan-jalan, anak saya seneng banget bisa mendekati gerombolan pelican. Mereka cukup bersahabat. Yang penting jangan dipegang dan diganggu.

Kalau capek berkeliling atau udah mulai kepanasan, ngadem aja ke Avian 4D Theater. Waktu saya ke sana, diputar film animasi Rilly’s Sky Adventure tentang petualangan sekelompok bebek yang bermigrasi. Filmnya pendek, durasinya 15 menit. Tapi asyik, anak-anak pasti suka.

Nggak terasa sampai siang saya di Bali Bird Park. Pengalaman yang menyenangkan, bermanfaat untuk anak saya, menambah pengetahuan dan kecintaan akan satwa yang harus terus dijaga & dilindungi. Dan yang pasti, makin sadar betapa kayanya negeri ini dengan aneka satwanya. Let’s save our wildlife!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: